Posted by: niadilova | 26/08/2019

PPM #221: Soetan Djamil, Pemimpin Partai PSII Maninjau Dihukum (1936)

Leider P.S.I.I. Maninjau dihoekoem

            Toean Soetan Djamil leider PSII di Manindjau jang dihoekoem oleh Landraad Boekit Tinggi dengan hoekoeman 1 tahoen dan 6 boelan pendjara, sebab dipersalahkan telah melakoekan pelanggaran oendang hoekoem Hindia Belanda. Hoekoeman telah diappel pada Raad van Justitie Padang dan sekarang keloear poetoesan bandingan ini, jalah menetapkan boenji vonis Landraad Fort de Kock.

            Lantaran itoe toean Soetan Djamil lantas djalankan hoekoemannja.”

***

Laporan surat kabar SinarSumatra, No. 2, Tahoen ke 32, Hari Djoemahat 3 Januari 1936/4 Tjap Dji Gwee 2486 -8 Sjawal 1354 tentang penangkapan dan penjatuhan hukuman terhadap salah seorang pemimpin Partai Serikat Islam Indonesia (PSII) cabang Maninanjau yang bernama “Toean Soetan Djamil”.

Sejak 1920an pergerakan Islam melalui PSII dan PERTI (Persatuan Tarbiyah Indonesia) makin menguat di Sumatera Barat. Belanda sangat khawatir melihat perkembangan ini karena berdasarkan pengalaman mereka, gerakan rakyat pribumi yang berlandaskan agama Islam berpotensi melahiran radikalisme politik dan dapat membahayakan hegemoni mereka sebagai penjajah. Oleh karena itu Belanda melakukan berbagai razia, penertiban, memeriksaan, penangkapan, penahanan, bahkan pembuangan terhadap para pemimpin dan anggota PSII dan PERTI di berbagai daerah di Sumatera Barat. Otoritas Belanda pun melakukan penggeledahan kantor dan pembubaran rapat-rapat umum dan anggota yang diadakan oleh kedua partai ini.

Laporan di atas menyebutkan bahwa “Toean Soetan Djamil” dihukum karena telah “melakoekan pelanggaran oendang-oendang hoekoem Hindia Belanda”. Dalam beberapa nomor sebelumnya rubrik Paco-paco Minankabau ini juga telah diturunkan berita-berita mengenai penangkapan pemimpin maupun anggota PSII dan PERTI.

Dalam laporan di atas tidak disebutkan apa perbuatannya yang telah dilakukan Soetan Djamil yang dianggap telah melanggar undang-undang hukum Hindia Belanda. Namun dapat diduga bahwa pelanggaran yang ia lakukan kemungkinan terkait dengan soal perizinan untuk berkumpul dan berorganisasi bagi rakyat/subjek terjajah. Pada masa itu polisi Hindia Belanda (PID) melakukan pemantauan ketat terhadap setiap aktivitas yang terkait dengan pengumpulan massa oleh para pemimpin pribumi. Apapun kegiatan yang mereka lakukan yang melibatkan massa atau orang umum haruslah mendapat izin dan pengawalan dari polisi. Banyak pertemuan para anggota dan rapat umum yang dilakukan oleh para pemimpin pribumi dibubarkan oleh polisi karena dianggap tidak memiliki izin atau ‘membahayakan ketertiban umum’.

Laporan di atas menyebutkan bahwa “Toean Soetan Djamil” dijatuhi hukuman 1 tahun 6 bulan penjara setalah “diappel pada Raad van Justitie Padang.” Tampaknya, si terhukum naik banding dari Landraad Fort de Kock ke Raad van Justitie Padang, tapi hukuman tetap dijatuhkan kepada Soetan Djamil.

Belum diperoleh informasi lebih banyak tentang biografi Soetan Djamil. Semoga ada peneliti lain yang dapat menokok tambah maklumat mengenai salah seorang pemimpin PSII ini. Namun, yang pasti adalah bahwa Maninjau pada 1920an sampai 40an adalah salah satu daerah yang aktif dalam gerakan politik Islam (baik melalui PSII, PERTI dan gerakan non partai lainnya) menentang hegemoni politik kolonialis Belanda.

Apa yang hendak saya katakan adalah bahwa peran Maninjau dalam sejarah Indonesia tidak hanya bersifat lokal, tapi juga nasional. Adalah sesuatu yang menarik kiranya jika ada sarjana kita yang tertarik untuk melakukan kajian historis yang lebih komprehensif tentang peran nagari di tepian Danau Maninjau ini dalam gerakan politik dan sosial anti kolonial di masa lampau.

Dr. Suryadi – Leiden University, the Netherlands / Padang Ekspres, Minggu 25 Agustus 2019


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: