Posted by: niadilova | 22/03/2019

PPM #187: Komisaris Polisi Djoni Anwar Dikirim ke Amerika dan Eropa (1950)

Djony Anwar ke Amerika dan Eropa.

Studiereis pembesar2 polisi untuk pertama kalinja.

                Padang – Haluan

                Tanggal 11-12 [1950] jl. telah berangkat dari lapangan [terbang] Tabing sdr Djony Anwar, salah seorang pembesar polisi kota Padang, menudju ke Djakarta.  Dilapangan Tabing sdr. Djony Anwar tidak mau memberikan keterangan kepada wartawan kemana arah tudjuan keberangkatannja itu, tetapi dari sumber lain wartawan kita mendapat keterangan, bahwa Djony akan berangkat untuk mengadakan perdjalanan studie selama 3 bulan ke Amerika dan Eropa. Kabarnja terlebih dahulu dari Djakarta akan menudju ke Phillipina dan dengan metatat Pacific akan masuk ke Amerika Serikat. Dari sana dengan metatat Atlantik akan terus berkundjung ke Eropa.

                Selandjutnja dikabarkan, bahwa dari Sumatera ada 2 orang pembesar polisi jang ikut, jang satu lagi ialah dari Lampung. Dari Djakarta akan ikut beberapa orang lagi. Rombongan ini adalah rombongan pertama jang akan mengadakan perdjalanan studie (peladjaran) ke Amerika dan Eropa, dan 3 bulan lagi akan berangkat pula rombongan lain, djika rombongan ini sudah kembali ketanah air.

                Demikian keterangan jang didapatkan wartawan Haluan.”

***

Laporan harian Haluan, No. 285, Tahun ke II, Sabtu 16 Desember 1950 tentang keberangkatan Komisaris Polisi Djony Anwar ke luar negeri untuk mengikuti “pelajaran” (kursus) di bidang kepolisian selama tiga bulan di Amerika Serikat dan Eropa. Akan tetapi menurut sumber Wikipedia (lihat: https://id.wikipedia.org/wiki/Johnny_Anwar#cite_note-books.google.co.id-2), Djony Anwar (namanya juga ditulis: Johnny Anwar) belajar di San Fransisco, New York dan Washington, Amerika Serikat. Mungkin laporan Haluan di atas menyebut Eropa karena tampaknya perjalanan Djony dan rombongannya ke Amerika Serikat lewat Eropa.

Yang jelas, laporan di atas memberikan informasi kepada kita bahwa Djony Anwar dan beberapa petinggi polisi Indonesia lainnya adalah rombongan pertama pimpinan Kepolisian Republik Indonesia yang dikirim ke luar negeri (dikursuskan ke Amerika Serikat). Program ini tampaknya merupakan salah satu program kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang dilakukan secara periodik, sebab dikatakan bahwa setelah rombongan pertama ini “kembali ke tanah air” nanti, akan “berangkat pula rombongan lain” ke Amerika Serikat.

Disebutkan pula dalam laporan di atas bahwa ada seorang petinggi kepolisian lainnya dari Sumatera yang diberangkatkan ke Amerika Serikat bersama Djony Anwar, yaitu seorang pimpinan kepolisian dari Lampung, di samping beberapa orang lainnya dari Jakarta.

Sumber Wikipedia yang dirujuk di atas menyebutkan bahwa Djony Anwar lahir [di Kubang Nan Duo, Solok] pada 1918. Dalam usia 28 tahun, kakak wartawan Indonesia kawakan Rosihan Awar ini diangkat menjadi kepala Polisi kota Padang pada 1946, setahun setelah Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Pangkatnya pada waktu itu adalah Komisaris Polisi Kelas II.

Djony ditahan oleh Belanda yang melakukan agresi (1 & 2) di Indonesia, namun kemudian dibebaskan. Pada 1948, ia diangkat menjadi Kepala Polisi Bukittinggi merangkap Kepala Kores Sumatera Barat. Dua tahun kemudian, apa yang diberitakan Haluan di atas terjadi: Djony dan beberapa orang petinggi kepolisian RI lainnya dikirim ke Amerika Serikat.

Sekembalinya ke tanah air, Djony menyandang beberapa jabatan lain di lingkungan Kepolisian RI, antara lain: sebagai Kepala Polisi Komisariat Maluku di Ambon (1964), Panglima Angkatan Kepolisian XVIII Sulawesi Selatan dan Tenggara di Makassar (1968), dan terakhir sebagai Komandan Operasi Bhakti Markas Besar Angkatan Kepolisian di Jakarta (1970-1972) sebelum pensiun.

Djony Anwar, dengan pangkat terakhir Brigadir Jendral Polisi, meninggal di Jakarta tahun 1976 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Dr. Suryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 2 Desember 2018

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: