Posted by: niadilova | 22/03/2019

PPM #180: Perguruan Taman Siswa Berdiri di Padang (1933)

Komite Pendirian Taman Siswa di Padang

            Mengingat akan amat koerangnja pengadjaran dan pendidikan oentoek dan jang selaras dengan rakjat Marhaen pada masa ini, maka beberapa orang toean-toean dan engkoe2 jg semoeanja terdiri dari rakjat jg lapisan bawah, artinja boekan terdiri dari kaoem intellek dan orang2 kaja, telah mengadakan pertemoean oentoek mengadakan komite boeat mendirikan pergoeroean Taman Siswa di kota Padang ini. Pada waktoe itoe terdirilah komite jg tersoesoen dari 7 orang leden

N. Arif                 ketoea

            Soetan Djanaid.        penoelis

            Bagindo Marah         pembantoe I

            Mohd Joesoef           pembantoe II

            Mohd Thaher            pembantoe III

            S. Bakrij                    pembantoe IV

            Sesoedah dapat penerangan dan nasehat dari toean Soedjarnako, leden Taman Siswa Matoer, maka boeat tindakan jang pertama, komite ini bermaksoed hendak mendirikan; I Taman Anak (H.I.S.) dan II Tawan [Taman?] Antara (Schakelschool). Maka kita berharap kepada toean2 dan engkoe2 jg soedi mengoerbankan tenaga atau harta, oentoek mentjapai lekas bedirinja pergoeroean Taman Siswa ini; ataupoen kepada toean2 serta engkoe2 jang berhadjad menjerahkan anak atau kemenakannja pada pergoeroean terseboet; soedilah berhoeboengan dengan saudara M. N. Arief p/a Kleermaker H. Hasan dan S. Hamzah di Kp. Keling, atau kepada toean Bagindo Marah kedai tembakau Balai Baroe Padang.

            Tentangan oeang sekolahnja comite beroesaha sedapat2nja dientengkan, menilik keadaan soesahnja penghidoepan dizaman ini.

            Itoepoen menoneng[g]oe persetoedjoeannja Madjelis Loehoer dari Mataram.

            Komite berharap moedah2an pergoeroean Taman Siswa ini, dapat memenoehi tjita2   marhaen dalam pendidikan pada zaman jang soekar ini.”

***

Laporan surat kabat Tjamboet (Padang), No. 20 TAHOEN KE I, Hari Arba’a, 2 Augustus 1933 tentang terbentuknya “Komite Pendirian Taman Siswa” di Padang. Sebagaimana sudah sama diketahui, Perguruan Taman Siswa didirikan di Yogyakarta pada 3 Juli 1922 atas gagasan Ki Hadjar Dewantara alias Soewardi Soerjanigrat (1889-1959). Walaupun Soewardi berasal dari kalangan bangsawan Jawa, namun melalui Taman Siswa ia bercita-cita untuk memajukan pendidikan bangsanya, khususnya yang berasal dari kelas bawah.

Laporan Tjamboet di atas menunjukkan bahwa baru sekitar 11 tahun setelah didirikan di Yogyakarta, cabang Taman Siswa mulai digagas pendiriannya di Padang, salah satu cabang di luar Jawa yang cukup awal berdiri. Pada masa itu, sudah banyak sekolah-sekolah Taman siswa didirikan di kota-kota penting di Jawa.

Sejarah telah mencatat bahwa Taman Siswa yang semula merupakan bagian dari gerakan anti kolonial, akhirnya bertahan lama dan menjadi salah satu pilar penting sistem pendidikan nasional Indonesia (lihat: Kristina Kelch. ‘Becoming history. Taman Siswa and its influence on the Indonesian national education’, Master Thesis: Research Master Area Studies: Asia and the Middle East, Faculty of Humanities, Leiden University, 2014).

Dapat kita catat dari laporan di atas kapan berdirinya cabang perguruan Taman Siswa di Padang dan siapa saja penggagasnya. Bersama sekolah-sekolah rakyat, perguruan Taman Siswa di Padang, yang ditujukan untuk ‘memenoehi tjita2 [kaum] marhaen’ itu, akhirnya membuat Pemerintah Kolonial Belanda khawatir, yang diikuti dengan pengetatan pemberlakuan Ordonansi Sekolah Liar yang kemudian banyak ditentang oleh para intelektual dan pemimpin agama di Minangkabau.

Cukup menarik juga bahwa selain di Padang yang baru dimulai pendiriannya, cabang Taman Siswa rupanya juga sudah berdiri di Matur di mana salah seorang anggotanya (leden-nya) bernama Soedjarnako.

Demikianlah sedikit nukilan sejarah tentang gerakan Taman Siswa di Padang. Semoga bermanfaat bagi sejarawan dan pembaca setia rubrik ‘Paco-paco Minangkabau’ pada umumnya.

Dr. Suryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 14 Oktober 2018

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: