Posted by: niadilova | 08/10/2018

PPM #179: Jurnalis Roestam Soetan Palindih dibebaskan (1933)

Toean Roestam Soetan Palindih

Hari ini toean Roestan Soetan Palindih hoofdredacteur “Berita” almarhoem dan plaatsvervangend hoofdredacteur “Pewarta” dimerdekakan dari pendjara setelah mendjalani hoekoeman 6 boelan.

            Siapa adanja toean Roestam Soetan Palindih, sama dimakloemi ialah seorang Journalist Indonesia jang tegoeh hati dan tetap pendiriannja didalam sesoeatoe hal sekalipoen akan mendapat serangan dari kiri dan kanan. Kemasoekkan toean Roestam dalam pendjara boekan karena korban pen-nja sendiri dan boekan poela karena memboekakan rahsia redactie, melainkan [karena] mendjalankan kewadjibannja sebagai seorang Journalist jang memegang kendali soerat kabar. Dus……boeat ini kita dari Djatilaan dengan de heele Tjamboetnja menjatakan kehormatan atas kemaoean hati toean Roestam terseboet.

            Kerasnja pendirian toean Roestam tidak seorang poen jang tidak mengakoei, sehingga kwaliteitnja itoe diterangkannja njata-njata dikepala soerat kabarnja “Algemeen Indonesische Dagblad.”

            Tjoema sekarang tinggal satoe pertanjaan kepada kita sekeloearnja toean Roestam dari pendjara, apakah pendirian itoe akan tinggal sebagai selama ini atau akan beroebah poela, inilah kita ingin mengetahoei.

            Pertama kali ketika toean Roestam akan mendjalani hoekoemannja, soerat kabarnja ditinggalkannja memakai nama “Berita” dengan memakai perkataan “Algemeen Indonesische Dagblad”, sedang nama beliau tertjantoem sebagai hoofdredacteur poela. Tetapi setelah beberapa boelan beliau didalam pendjara, nama “Berita” bertoekar dengan “Pewarta” dan perkataan “Algemeen Indonesische Dagblad” dihilangkan dengan tidak dikabarkan apa2 sebabnya. Selandjoetnja djabatan beliau selama ini mendjadi hoofdredacteur ditoekar poela dengan perkataan pelaatvervangend hoofdredacteur.

            Kalau hendak dikatakan toean Roestam setoedjoe dengan segala ini, kita beloem yakin, dan hendak dikatakan bahwa toean Roestam tidak sesoeai, sekalian staf jang mendjadi kaki tangan beliau selama ini sama tetap bekerdja disana sebagai sediakala.

            Inilah jang kita ingini bagaimana poela pendirian toean Roestam, tetapi sedikit tidaknya kita pertjaja, bahwa beliau akan tetap atas pendiriannya sebagai selama ini.”

***

Laporan surat kabar Tjamboet (Padang), No. 19, Tahoen ke I, Hari Saptoe 29 Juli 1933 yang memberitakan pembebasan wartawan Minangkabau Roestam Soetan Palindih dari penjara. Sebagaimana dapat dikesan dari laporan di atas, Roestam adalah salah seorang wartawan pribumi yang teguh hati dalam menjalankan fungsi surat kabar(nya) sebagai media penyambung lidah rakyat Hindia Belanda yang seringkali mendapat perlakuan tidak patut oleh penguasa Kolonial Hindia Belanda. Ia masuk penjara karena melanggar “ranjau pers” (persdelict) Hindia Belanda (Soerabaijasch Handelsblad, 10-10-1932; De Sumatra Post, 15-10-1932). Pemenjaraannya terkait dengan pemuatan sebuah artikel di koran Berita yang diterajui Rostam, tulisan koroseponden Berita, Rasjid Manggis [Datoek Radjo Panghulu], dari Belanda (De Sumatra Post, 17-10-1932).

Hampir selama hidupnya (lahir di Sungai Puar 1891, wafat di Jakarta, 05-06-1971), Roestam aktif di dunia pers dan kebudayaan/kesenian, khususnya film. Selain itu, ia juga aktif dalam dunia politik, misalnya menjadi wethourder kota Padang pada tahun 1937 dan pada 1955 menjadi vice-president Partai Rakjat Nasional (PRN) yang merupakan jelmaan dari PNIMerdeka yang berdiri tahun 1950. Lebih jauh mengenai riwayat hidup Roestam Soetan Palindih, lihat: https://ms.wikipedia.org/wiki/Roestam_Sutan_Palindih (dikunjungi 2-102-2018).

Dr. Suryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 7 Oktober 2018


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: