Posted by: niadilova | 14/09/2018

Kilas balik: PENANGKIS TJERITA BOHONG DARI Dr. RIVAI.

Hatta-1Seorang sahabat menulis soerat kepada saja, bahwa dr. Rivai menoelis dalam “Bintang Timoer” jang dia mendengar sendiri dari saja, bahwa saja berharap akan dapat pekerdjaan pada kantor goepernemen.

Saja terangkan dengan pasti disini, bahwa tjerita ini bohong semata-mata!

A.Rivai

Siapa jang mengetahoe benar sifat dr. Rivai, mengerti apa sebab ia menjiiarkan therita bohong ini. Soedah dati tahoen 1928 ia berkehendak, soepaja saja oendoer dari kalangan politik, sebab saja ini anak Soematera, sedangkan poesat pertjatoeran politik terletak di Tanah Djawa.

Roepanja dia tidak senang hati, jang nasehatnja masih djoega tidak saja perdoelikan. Sekarang disiarkannja bohong, soepaja saja djangan dipertjajai oleh orang-orang Indonesia dari Tanah Djawa. Dan oleh karena itoe nanti saja terpaksa djoega oendoer dari padang politik. Menoeroet kabar poela tjerita dt. Rivai itoe soedah dipergoenakan oleh soetatie pehak boeat menghina saja.

Kalau memang itoe jang dimaksoed oleh dr. Rivai, moga-moga senanglah sekarang hatinja. Dan mereka jang asjik mentjari “alasan” oentoek menghina diri saja, moga-moga selamatlah mereka dengan “boekti-boekti jang begitoe tegas”!

Malang mereka satoe: bahwa di Indonesia masih tjoekoep djoemlah orang jang berotak sehat, jang tahoe membedakan bohong dan benar, dan tahoe poela memakai oekoeran zaklijk! Sebab itoe poela tjoekoeplah, kalau saja peringatkan disini, bahwa saja seorang non-cooperator dan dalam kita kamoes saja tidak ada tertoelis perkataan “pergi makan gadji sama goepernemen”. Siapa jang maoe tahoe betoel akan pendapatan saja dalam hal ini, batjalah kitab ketjil saja tentang “Toedjoean dan Politik Pergerakan Nasional di Indonesia” hampir pada penghabisannja.

                                                           MOHAMMAD HATTA

Rotterdam, 1 Dec. 1931

***

Sumber: Daulat Ra’jat, Tahoen ke I, No. 10, 20 Desember 1931.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: