Posted by: niadilova | 09/07/2018

PPM #166: Status Pasar Bukittinggi (1937)

SOAL PASAR BOEKIT–TINGGI.

Jawaban pemerintah atas pertanjaan toean2 Jahja dan Datoek Toemanggoeng.

            Mendjawab pertanjaan toean Jahja, jang dimadjoekan pada 17 Maart 1937, dan toean Datoek Toemanggoeng, jang dimasoekkan pada 7 Mei 1937, pemerintah mengatakan:

            Pasar Boekit Tinggi tidak diserahkan pada gemeente Fort de Kock. Pasar itoe tetap mendjadi kepoenjaan negarie2 dari Oud-Agam beramai-ramai[,] jang tjoema telah diserahkan pengoeroesan pasar itoe dengan beberapa perdjanjian kepada gemeente Fort de Kock. Satoe dari perdjanjian perdjandjian itoe adalah bahwa satu colege memperwakilkan dari bestuur bestuur negarie negarie jang sekarang ada kasi berlakoe pada pasar fonds itoe, saban tahoen dimoeka penetapan begrooting peroesahaan pasar oleh gemeenteraad Fort de Kock diberikan kesempatan akan menyatakan anggapannya. Dengan itoe telah ditoeroet tjoekoep permintaan tentang penjiaran oemoem.

            Pengoveran pengoeroesan itoe telah diterima baik oleh segala gemeente2 anak negeri jang ada bersangkoet pada itoe. Itoe anggapannja toean Datoek Toemanggoeng, bahwa negarie negarie itoe tidak soeka akan memberi over pengoeroesan fonds pasar, ada tidak betoel.

            Terlebih jaoeh pada pengoveran itoe antara lain ada ditetapkan bahwa gemeente Fort de Kock tiap2 tahoen memberikan f 15.450 pada negarie negarie itoe jang sekarang dapat berlakoe hak hak diatas fonds pasar itoe, djoemlah mana ada mendjadi djoemlah paling tinggi pada gemeente2 anak negeri jang tersangkoet sampai demikian telah mendapat dari fonds pasar. Toendjangan ini dapat dinaiki atau ditoeroenkan berhoeboeng dengan kesoedahan kesoedahan peroesahaan atas permintaan[n]ja negarie negarie jang ada poenja hak atau dari gemeente Fort de Kock, pada sesoedahnja dilakoekan perdamaian satoe sama lain dan dengan poetoesan achir dari Resident Sumatra’s Westkust.

            Peratoeran ini telah diterima baik dengan soeka sendiri oleh semoea partij jang mempoenjai kepentingan, hingga tidak ada alasan oentoek merobah pemberian itoe mendjadi satoe percentage dari keoentoengan sebagaimana jang ada dipikir oleh toean Jahja. Pembagian diantara masing2 dari pemberian itoe dilakoekan dengan  berdamai samo negeri2 jang berhak.

            Orang jang diberikan sebagaimana lain2 pendapatan dimasoekkan didalam begrooting dari negeri2 jang mempoenjai hak dan ada boeat kebaikannja daja2 oemoem, dengan mana ada diongkoskan pengeloearan2 dari gemeente gemeente anak negeri itoe.

            Boeat memadjoekan pada Volksraad perhitoengan dari peroesahaan pasar di Fort de Kock di dalam tahoen 1934, 1935 dan 1936, pemerintah menganggap tidak ada alasan2 oleh karena ini ada mengenakan satoe soal jang ada bersifat plaatselijk asli.”

***

Salinan berita koran Sinar Sumatra, No.244, Tahoen ke 33, Hari Selasa 2 November 1937 / 30 Kauwgwee 2488 / 27 Sjaaban 1356 tentang status Pasar Bukittinggi. Disebutkan dalam laporan itu bahwa status pasar di kota yang terbesar di tanah darek Minangkabau itu tetap milik nagari-bagari dalam di sekitarnya yang masuk wilayah Oud Agam, tapi pengelolaannya diserahkan kepada Gemeente Fort de Kock.

Namun, rupanya dua orang penghulu dari nagari-nagari di Luhak Agam Tuo itu, yaitu Jahja dan Datoek Toemanggoeng, masih mempermasalahkan status pengelolaan pasar itu.

Pemerintah menjawab bahwa kontrak pengelolaan pasar itu yang diberikan kepada Gemeente Fort de Kock sudah merupakan kesepakan bersama yang telah dibuat secara resmi antara para penghulu nagari-nagari itu dengan Gemeente Fort de Kock. Untuk itu, setiap tahun Gemeente Fort de Kock membayar uang f 15.450 kepada nagari-nagari itu.

Laporan ini menginformasikan kepada kita tentang status pasar Bukittinggi di masa lalu. Persoalan klaim-mengklaim kepemilikan pasar ini masih terdengar sampai jauh ke masa di belakangnya.

Dr. Suryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu, 8 Juli 2018

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: