Posted by: niadilova | 25/12/2017

PPM #139: Propagandis komunis Mohammad Tahir ditangkap (1926)

Padang, 2 April (Aneta). Mohammad Tahir, propagandist pergerakan Kominis, dibawa kekantor commissaris oentoek diperiksa perkaranja, karena ia terda‘wa hendak memboenoeh t. Rasoel, Menteri Polisi. Menteri polisi tadi kena témbak moekanja, ja‘ni dibawah mata jang sebelah kanan. (Jav. Bode).

***

Laporan majalah Pandji Poestaka, No. 28, Tahoen IV, 9 April 1926:635 tentang pemeriksaan yang dilakukan polisi terhadap propagandis komunis yang bernama Mohammad Tahir di kantor komisaris polisi di Padang. Orang ini ditangkap polisi karena didakwa telah membunuh seorang ‘Menteri Polisi’ pribumi yang bernama Rasoel.

Disebutkan dalam berita di atas bahwa Rasoel telah ditembak oleh Mohammad Tahir yang mengenai wajahnya, persisnya di bawah matanya yang sebelah kanan.

Rasa kebencian kepada polisi tampaknya sudah dari dulu ada. Dalam konteks zaman itu (zaman kolonial), tentu saja PID (Politieke Inlichtingen Dienst) Belanda, termasuk yang pribumi yang sering dianggap sebagai ‘anjing’ herder Belanda, sangat dibenci oleh kalangan kaum republiken dan primbumi pada umumnya yang ingin mengenyahkan penjajah Belanda dari bumi Indonesia yang sudah begitu lama mereka kuasai.

Belum diketahui dari nagari mana di Sumatera Barat Mohammad Tahir berasal. Ketika pemberontakan komunis terjadi di daerah ini tahun 1926, pengikut komunis sudah tersebar dimana-mana. Sayang sekali, pemberontakan itu premature dan dalam waktu singkat dapat dipadamkan oleh penguasa kolonial Belanda. Batavia mengirim 11 brigade dari Jawa ke Sumatera Barat untuk memadamkan pemberontakan itu

Dr. Suryadi, M.A. – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 24 Desember 2017


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: