Posted by: niadilova | 18/12/2017

PPM #138: Surat kabar ‘TANI’ terbit di Padang (1927)

Di Padang akan diterbitkan oléh kantor Landbouw satoe soerat kabar boelanan oentoek orang jang beroesaha tanah, dan akan dinamaï Tani.

     Nomor pertjobaan akan dikeloearkan 4000 lembar dalam boelan Mei dan dalam boelan Juli moelaï dengan nomor pertama. (S. S.).

***

Laporan majalah Pandji Poestaka, Nomor 29, Tahoen V, 12 April 1927:485 [Kroniek]) yang merujuk kepada surat kabar Sinar Sumatra (S.S.) yang memberitakan tentang terbitnya sebuah surat kabar baru yang khusus memuat risalah-risalah dan memberitakan isu-isu dan hal-hal yang terkait dengan dunia pertanian.

Surat kabar tersebut diberi nama Tani. Pembaca sasaran (target teaders) dari Tani adalah “orang jang beroesaha tanah”, artinya: orang-orang yang bergerak di bidang pertanian (landbouw). Penerbit surat kabar Tani ini adalah kantor Landbouw Sumatra’s Westkust.

Sebagaimana diinformasikan dalam berita di atas, nomor pecorbaan surat kabar Tani akan terbit pada bulan Mei 1927 dan dicetak sebanyak 4000 eksemplar. Bulan berikutnya, Juni 1927, nomor pertama surat kabar ini akan menjumpai pembacanya.

Berita ini dapat menjadi catatan bagi peminat sejarah dan pembaca setia rubrik ‘Paco-paco Minangkabau’, bahwa di zaman kolonial sudah muncul usaha untuk memajukan dunia pertanian dengan memberi penerangan kepada para petani dan stake holders pendukungnya melalui media massa cetak.

Dr. Suryadi, M.A. – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 17 Desember 2017


Responses

  1. assalamualaikum pak, saya lukman mahasiswa ugm sedang melakukan riset tentang pertanian di Minangkabau khususnya pasca tanam paksa kopi di Minangkabau yaitu 1908 – 1930. apakah bapak memiliki referensi tentang majalah tani ini pak? terimakasih.

  2. Salam Pak Lukman. Majalah Tani memang diberitakan pernah terbit di Padang. Tapi saya belum menemukan contoh eksemplarnya, Pak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: