Posted by: niadilova | 11/12/2017

PPM #137: Pasar Derma Fort de Kock (Juni 1927)

     “Bestuur.

     Pasar Derma Fort de Kock pada 3, 4, 5, 6 dan 7 Juni ’27. Oentoek penolong Vereeniging Studiefonds Kota Gedang dan kaoem keloearga orang-orang jang teraniaja waktoe toemboehnja perosoehan di Siloengkang [1926].”

     Ditetapkan didalam Vergadering tanggal 13, 13, 16, 18 dan 27 Mei 1927.)”

***

Laporan koran Soeara Kota Gedang edisi No. 5-6, Tahoen ke XII, Mei-Juni 1927 tentang penyelenggaraan pasar derma di Fort de Kock (Bukittinggi) selama lima hari. Tujuannya: untuk menambah keuangan Vereeniging (Perserikatan) Studiefonds Kota Gedang (Koto Gadang) dan untuk membantu korban pemberontakan Silungkang (1926). Hampir seluruh halaman Soera Kota Gedang edisi di atas menurunkan laporan tentang acara ini, termasuk notulen panjang rapat panitia yang diadakan pada bulan Mei 1927.

Acara ini diramaikan dengan berbagai kegiatan. Masing-masing kegiatan diorganisir oleh sebuah afdeeling. Afdeeling I membidangi “Segala keperloean P[asar] Derma” itu, dengan anggota Madjo Diradjo, Dt. Sati, Lim Tjioe Hin, St. Iskandar, Dt. Malako Kajo, Dt. Besar, dan Jazad Radjo Mangkoeto. Afdeeling II mengurus pertandingan sepakbola (voetbal), dengan anggota Soetan Lembang Alam dan 29 orang lainnya. Afdeeling III mengurus “Peroesahaan Tanah” dengan anggota Datoek Sati (Pengholoe Pasar) dan 6 orang lainnya. Afdeeling IV mengurus “Keradjinan tangan” dengan anggota Mevr[ouw] Tjoa Sin Soe dan 8 orang lainnya.

Selanjutnya, Afdeeling V mengurus “Perhiasan dan penerangan” dengan anggota Jazid Radjo Mangkoeto dan 5 orang lainnya. Afdeeling VI mengurus “Muzik, permainan anak negeri dan Bioscoop” dengan anggota Lim Tjioe Hin dan 10 orang lainnya. Afdeeling VII mengurus “Postkantoor, pendjoealan boenga, derma, dsb.” dengan anggota Mevr[ouw] Tjoa Sin Soe dan 10 orang lainnya. Afdeeling VIII mengurus “Controle Kartjis” dengan anggota Datoek Radjo Malintang dan 21 orang lainnya. Afdeeling IX mengurus “Inspectie” dengan Anggota Mrh. Abd. Moenit dan 2 orang lainnya.

Kegiatan pasar derma itu berhasil memperoleh keuntungan bersih sebesar f 3016,59. Vereeniging Studiefonds Kota Gedang menerima 50% dari uang itu dan 50% sisanya didermakan kepada “kaoem keloearga orang [yang] teraniaja di Siloengkang.”

Dr. Suryadi, M.A. – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 10 Desember 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: