Posted by: niadilova | 18/09/2017

PPM #125: Pergantian Kepala Mandor & Mandor di Tambang Batu Bara Ombilin (1921)

Ombilinmijnen

     Dilepas dengan hormat sebagai wakil mijnbouwkundig hoofdopziener sementara waktoe, E. W. Borst. Diangkat djadi gantinja W. Lengerling, [yang] baroe kombali dari verlof kaloear negri.

   Sementara waktoe dipekerdjaken selakoe mijnbouwkundig onderopziener: P. E. van Don, A. Londt Schultzf dan Bahar, sekarang orang preman di Sawah Loento.”

***

Laporan harian Sinar Sumatra, nomor 160, Tahoen ka 17, hari Selasa 19 Juli 1921 / 15 Lak Gwee 2492 = 13 Zjoe’lkaeda 1339 tentang pergantian beberapa orang kepala pengawas dan mandor di tambang batubara Ombilin, Sawahlunto. Disebutkan dalam laporan Sinar Sumatra di atas bahwa wakil mijnbouwkundig hoofdopziener (kepala pengawas pertambangan/Kepala mandor) E.W. Borst dibebastugaskan untuk sementara waktu, dan posisinya digantikan oleh W. Langerling yang baru pulang dari cuti (verlof) ke luar negeri. Tampaknya E.W. Borst juga akan bercuti untuk beberapa lama. Pada zaman kolonial adalah biasa pejabat Belanda, dari segala tingkatan, mengambil cuti setelah bekerja beberapa tahun. Mereka sering bercuti ke negara asal mereka, Belanda, untuk melepas kangen kepada tanah airnya, mungkin juga untuk menghindar sementara waktu dari cuaca panas Hindia Belanda, dan juga untuk mengunjungi sanak famili mereka.

Dalam bagian akhir laporan di atas juga disebut nama Bahar, seorang preman (pada masa itu bisa berarti: orang bebas) yang, bersama dengan dua orang Belanda lainnya, P.E. van Don [Dorn?] dan A. Londt Schulzf, diberi pekerjaan untuk sementara waktu sebagai mijnbouwkundig onderopziener (mandor pertambangan).

Laporan ini memberi gambaran kepada kita betapa sistem pengawasan terhadap buruh tambang batubara Ombilin sangat ketat dan berlapis. Oleh sebab itulah sering terdengar terjadinya perlakuan kasar terhadap para buruh tambang itu yang kebanyakan adalah orang rantai (mereka yang dianggap oleh kolonialis Belanda sebagai pelaku kriminil).

Suryadi – Leiden, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 17 September 2017


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: