Posted by: niadilova | 17/07/2017

Minang saisuak #310: Bung Hatta di Padang (sesudah 1961?)

Bung Hatta-Padang 1956

Sebuah media melaporkan bahwa “tanggal 24 Agoestoes [1932] telah sampai di Djakatra sdr. Mohammad Hatta, dengan kapal Van der Heyden (Fikiran Ra’jat, Nomor 9, 26 Agoestoes 1932: 15 [Kroniek Indonesia]). Setelah sampai di tanah airnya lagi, sesudah tinggal di Eropa selama sekitar 11 tahun, Hatta berkali-kali pulang kampung ke Sumatera Barat, baik untuk urusan pribadi maupun untuk urusan dinas.

Demikianlah umpamanya, sebulan lebih sedikit setelah sesampainya di Indonesia, pada tanggal 5 Oktober 1932 Hatta pulang ke Padang untuk sebulan lamanya. Ketika berkunjung ke kota kelahirannya, Bukittinggi, sebelum kembali ke Jakarta pada 25 November 1932, Hatta mendapat kecelakaan mobil, tapi untung ia hanya mengalami memar (lihat: Fikiran Ra’jat, No. 20, 11 November 1932:12 [Kronik Indonesia] dan No. 21, 18 November 1932:15 [Kronik Indonesia]).

Setelah itu, terutama setelah Indonesia merdeka dan Hatta menjadi Wakil Presiden, intelektual Indonesia yang berwajah teduh itu berkali-kali berkunjung ke Sumatera. Ada kunjungan Hatta yang khusus ke Sumatera Barat, tempat kelahirannya, tapi pada umumnya kunjungannya ke Sumatera dilakukan untuk meninjau banyak daerah yang tidak hanya terletak di wilayah Provinsi Sumatera Barat (atau sebelumnya: Sumatera Tengah).

Sejauh yang dapat dilacak, kunjungan Hatta selajutnya ke Sumatera adalah: Mei-Juni 1947, November 1948, Juni 1949 (dari Bangka dan Aceh), November 1949 (ke Medan, dll.), November 1950 (mengunjungi Pulau Nias, Sumatra Timur, Aceh, dan Jambi), Mei 1952 (mengunjungi Kerinci, Pariaman, Padang Mengatas, Sawahlunto, Pekanbaru, Jambi, [pabrik semen] Indarung, Kayu Aro, Solok, Singkarak, dan Kepulauan Mentawai), April 1954 (ke Pasaman, Bukittinggi, Solok, Sawahlunto, Jambi, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pinang), September 1956 (Padang, Payakumbuh, dll.), Mei-Juni 1957 (mengunjungi Sumatra Selatan: Palembang, Tanjungenim, Muaraenim, Lahat, Lampung, Bangka dan Belitung), dan 1964 (Sumatera Selatan). Pasca PRRI Hatta juga mengunjungi kampung halamannya, Sumatera Barat.

Dalam kunjungan-kunjungan kerja (kunjungan resmi) itu, Mohammad Hatta sering didampingi oleh istrinya, Nyonya Rahmi Hatta, sebagaimana diabadikan dalam foto yang kami turunkan dalam rubrik Minang saisuak minggu ini. Dikatakan bahwa latar foto ini adalah Padang, dan sangat mungkin foto ini dibuat sewaktu kunjungan Hatta ke Sumatera Barat pada tahun 1961 atau sesudahnya. Ini didasarkan atas sugesti Bapak ‘Ambo’, salah seorang pengunjung postingan ini: di latar belakang tampak Gubernur Harun Zain yang ditugaskan menata Sumatera Barat kembali selepas PRRI (1961). Jadi, sangat mungkin foto ini dibuat selepas pemberontakan PRRI itu.

Foto ini tentu merekam fashion para pejabat Indonesia di zamannya. Paling menarik melihat penampilan para istri pejabat: kombinasi sarung kebaya dan baju yang khas, sanggul, selendang dan asesoris lainnya, menunjukkan ciri keindonesiaan yang khas. Kini zaman telah berubah, mode pun telah bertukar. Tetapi, bila sesekali kita terjumpa wanita bergaya seperti ini, ah…kelihatan anggun juga. (Sumber foto: fb group palanta Minang).

Suryadi – Leiden University, Belanda/International Islamic University Malaysia, Kuala Lumpur / Singgalang, Minggu 16 Juli 2017

Advertisements

Responses

  1. Add Suryadi Ambo batarimo kasih Add lai amuan basusah-suash mandokumentasikan “Minang Sisuak nan awak paralukan dalam memulih sajarah Minangkabau. Foto Hata kemungkinan diambiek kutiko kunjungan pertama liau di zaman Orde Baru. Ssobabnyo di balakang ado Ajo Aghun nan manjadi gubernur partamo maso Orde Baru. Lagi pulo foto liau tu tampak lah agak gaek. Kalau tahun 1950-an Hatta masih gagah baccndo add. sekarang, Kok ka lobieh, yo lobieh mudo deketek lah add.
    Salam

  2. Tarimo kasih banyak ateh koreksi dari Pak ‘Ambo’, Tampaknyo memang masuak aka: foto ko di sasudah 1961.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: