Posted by: niadilova | 30/06/2017

Stelling Disertasi #36 [hukum]: Dr. Koesoemah Atmadja

IMG_5738copy

“In Java en Madoera door de inlandschen rechter aan een der partijen de uitzwering van den decisoiren eed (in een moskee of op een heilige plaats) opgedragen, dan zullen de bepalingen van de Europeesche rechtspleging naar analogie moeten worden toegepast, ingeval de partij, aan wie de eed is opgedragen, op den vastgestelden dag niet verschijnt.” (Stelling nomor 4)

Penulis: Dr. Koesoemah Atmadja

Judul disertasi: ‘De Mohammedaansche Vrome Stitchtingen in Indië’

Tarikh promosi: Jumat, 15 Desember 1922

Promotor: Dr. L. van Itallie

Jumlah stellingen: 6

Dr. Koesoemah Atmadja adalah salah seorang anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbii Chōsakai yang dibentuk oleh Pemerintah Pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia menyusul makin terdesaknya tentara fasis Jepang oleh kekuatan tentara Sekutu di bawah pimpinan Amerika Serikat dalam Perang Pasifik. Sejarah telah mencatat bahwa akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Amerika dan sekutunya pada 14 Agustus 1945. BPUPKI dibubarkan oleh Jepang pada 7 Agustus 1945, kemudian dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbii Inkai yang beranggotakan 21 orang. Sepuluh hari kemudian Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di Jakarta.

================

Catatan: Stellingen adalah proposisi (propositions) dari sebuah disertasi, yaitu sejumlah pendirian yang ingin dipertahankan oleh seorang calon doktor (promovendus) berdasarkan temuan-temuan di dalam disertasinya. Pendirian itu boleh saja melawan pendirian sarjana lain. Stellingen adalah unsur yang harus ada dalam sebuah disertasi yang dipertahankan di Universiteit Leiden. Ia dicetak dalam selembar kertas dan diselipkan di dalam disertasi. Jumlah stellingen berkisar antara 8-12, tapi dalam sedikit kasus ada juga yang jumlahnya sampai 15. Di samping pendirian-pendirian yang menyangkut temuan-temuan di dalam disertasi, stellingen juga boleh diisi dengan beberapa pendirian yang terkait dengan bidang-bidang ilmu yang relevan dan masih ada hubungannya dengan disertasi si promovendus. Biasanya nomor yang terakhir dari stellingen mengandung unsur kelucuan tapi bernas. Pada saat ujian terbuka (defence) yang berlangsung selama satu jam, anggota tim penguji berhak mengajukan pertanyaan kepada promovendus melalui salah satu stelling dari disertasinya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: