Posted by: niadilova | 12/06/2017

PPM #112: PRRI: Pembunuhan Massal di Situjuah dan Suliki (1958)

Djakarta beschuldigt de opstandelingen van wandaden

Het ministerie van voorlichting in Djakarta heeft de troepen de opstandelingen is Midden-Sumatra er van berschuldigd, de vorige week en bloedbad te hebben aangersicht onder hun gevangenen. Het ministerie verklaarde dan volgens Sitoedjoeh 148 gevangenen doo middel van dynamiet om het leven werden gebracht. Terwijl in Soeliki 250 gevangenen levend verbrandden, toen een schoolgebouw dat als gevangenis werd gebruikt, in brand wered gestoken. Beide plaatsen liggen nabij Pajakumbuh, ten oosten van Bukittinggi.

***

Laporan harian Algemeen Handelsblad (Amsterdam) edisi 30 Mei 1958 tentang terjadinya pembunuhan massal terhadap ratusan orang di Luhak 50 Koto, yang terkait dengan gerakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI).

Seperti dapat disimak dalam kutipan berita di atas (lihat juga: Leeuwarder courant: hoofdblad van Friesland (Leeuwarden) edisi 30 Mei 1958), pembunuhan itu terjadi di Situjuah: 148 orang tahanan yang dikatakan milik  pihak PPRI sendiri dibunuh secara bersama  dengan ledakan dinamit. Sementara di Suliki, sebanyak 250 orang tahanan lainnya dibakar hidup-hidup dalam sebuah sekolah yang digunakan sebagai penjara. Itu adalah sebuah kekejaman (wreedheden) yang di luar peri kemanusiaan, ulas hari De Telegraaf (Amsterdam) edisi 31 Mei 1958.

Pemerintah Pusat (lewat siaran pers Menteri Penerangan) menyatakan bahwa kerusuhan yang membunuh ratusan orang itu dilakukan oleh tentara pemberontak. Akan tetapi, seperti biasa terjadi dalam perang, pihak-pihak yang bertentangan saling menyalahkan. Pada masa itu, antara pengikut komunis (seperti Barisan Pemuda Rakyat) dan kalangan Islam saling membunuh. Yang jelas, masih tersimpan kuat dalam ingatan orang Minangkabau betapa kejamnya tantara pusek. Tapi tak jarang pula pengikut PRRI melakukan kekejaman terhadap orang-orang yang dituduh dan dicurigai menjadi mata-mata tentara Soekarno (tentara Pusek).

Dalam laporannya, Nurshud, petinggi PKI cabang Sumatera Barat, menyampaikan hal sebagai berikut dalam Kongres Nasional ke-VI Partai Komunis Indonesia, 7-14 September 1959 (yang kemudian dimuat dalam Bintang Merah, Nomor Special II, Dokumen-Dokumen Kongres Nasional ke-VI Partai Komunis Indonesia yang kemudian diterbitkan oleh Yayasan Pembaruan, Jakarta 1960; lihat: https://www.marxists.org/indonesia/indones/KongresPKIke6/PidatoNursuhud.htm; dikunjungi 19-11-2017):

“Dalam keadaan dimana barisan mereka telah menjadi berantakan sama sekali dan kehancuran mereka tak dapat dihindarkan lagi, kaum pemberontak menjadi lebih kalap dan tidak segan-segan untuk bertindak nekad dengan melakukan pembunuhan-pembunuhan massal terhadap para tawanan. Demikianlah mereka telah membunuh 137 orang tawanan di Situjuh pada tanggal 23 Mei 1958, di Suliki 179 orang pada tanggal 27 Mei 1958, dan di Atar 54 orang pada tanggal 5 Agustus 1958. Selain daripada itu masih ada pembunuhan-pembunuhan massal di tempat-tempat lain yang belum diketahui sampai kini jumlahnya yang pasti. Sebagian besar dari mereka itu adalah anggota-anggota dan kader-kader Komunis. Tulang-belulang mereka adalah saksi dari kesetiaan mereka kepada tanah air dan Komunisme.”

Masih banyak hal seputar Pemberontakan PRRI yang berakhir dengan kegagalan itu sampai hancurnya PKI di akhir 1966 yang terjadi di Sumatera Barat yang masih belum tersigi oleh para sejarawan.

Mungkin masih ada generasi zaman itu yang hidup sekarang dan masih mengingat pembunuhan massal yang sadis yang terjadi 59 tahun lalu itu. Berceritalah! Cari kuburan massal para korban pembunuhan sadis itu! Catatlah oleh para sejarawan dan wartawan agar bagian-bagian sejarah kita yang masih terkelimbun dapat disingkap.

Suryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 11 Juni 2017


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: