Posted by: niadilova | 23/01/2017

PPM#92: Perawat rumah sakit tambang di Sawahlunto mogok

Dari Sawah Loento dikabarkan, baroe2 ini diroemah sakit tambang arang batoe di Ombilin terdjadi pemogokan. Dari 65 orang verpleger ada 50 orang jang toeroet mogok. Sebabnja beloem ketahoean.”

***

Laporan dalam majalah Pandji Poestaka, No. 39, TAHOEN III, 17 MEI 1925: 649 [Kroniek]) tentang pemogokan yang dilakukan oleh sekelompok perawat (verpleger) rumah sakit di kota tambang batubara Sawahlunto. Seperti sudah disampaikan oleh laporan di atas, motif pemogokan itu belum diketahui.

Ada kemungkinan pemogokan itu terkait dengan propaganda Komunis yang memang mulai marak di Sawahlunto pada waktu itu. Kebanyakan verpleger itu berasal dari kaum pribumi. Pada akhir tahun berikutnya (1926) pecah pemberontakan kaum komunis di kota itu dan daerah-daerah sekitarnya.

Sebagaimana telah disiarkan dalam rubrik ini di nomor-nomor sebelumnya, Pemerintah Kolonial Belanda membasmi pemberontakan itu dengan mendatangkan tentaranya dari Batavia dengan kekuatan yang cukup besar: 11 brigade.

Banyak orang ditangkap: ada yang dihukum mati, dibuang, dipenjarakan, tapi juga ada yang kemudian dibebaskan karena tidak ada bukti-bukti yang menunjukkan bahwa mereka terlibat dalam pemberontakan itu. Tentang pemberontakan Silungkang, lihat antara lain buku Mestika Zed dkk., Pemberontakan komunis Silungkang 1927: Studi gerakan sosial di Sumatera Barat (2004) dan artikel Audrey Kahin, “The communist uprising in Sumatra: a reappraisal”, Indonesia, No. 62 (1996): 19-36.

Suryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu, 22 Januari 2017


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: