Posted by: niadilova | 29/08/2016

PPM #74 – Si Minang kritis: Yang didigulkan dan yang kembali (1926, 1932)

Si Saidi atau Sidi gelar Pandéka Sati dan si Garak gelar Malim Pandjang jang diasingkan kekota Menado dan Tondano, ja‘ni oentoek pendjagaan keamanan oemoem, mendapat gratie (ampoen) dari S.P.T.B. Goebernoer Djenderal dan mendapat izin oentoek kembali ketanah airnja, jaïtoe kedaérah Soematera Barat. (J.B.). (A)

Mohamad Saleh gelar Kari Soetan tinggal di Batoesangkar, diboeang ke Boven Digoel. (B)

Isa dari Priaman (Soematera Barat) diboeang ke Boven Digoel. (C)

***

Laporan Pandji Poestaka, No.40, Tahoen IV, 21 Mei 1926: 923 [Kroniek]  (A) dan Fikiran Ra’jat: Madjallah-politik poepoeler, No. 6-7, 12 Agoestoes 1932: 17 [Kroniek Indonesia] (B) dan No. 2, 8 Juli 1932: 14 [Kroniek Indonesia] (C) yang memberitakan tentang empat orang Minangkabau yang mendapat hukuman buang dari Belanda. Laporan (A) memberitakan dua orang Minang, Sidi gelar Pandeka Sati dan Garak Gelar Malim Panjang, yang masing-masing dibuang ke Menado dan Tondano, mendapat grasi dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda, sehingga mereka dibebaskan dan diperbolehkan kembali ke ‘tanah airnya’, Minangkabau. Sayang tidak disebutkan dari nagari mana kedua orang ini.

Laporan (B) dan (C) memberitakan pembuangan Kari Sutan asal Batusangkar dan M. Isa dari Pariaman ke Boven Digul di Pulau Irian (kini Papua). Dapat diduga, kedua oran itu telah melakukan pembangkangan pula kepada Pemerintah Kolonial.

Kisah-kisah orang buangan merupakan bagian dari sejarah bangsa ini. Hukum buang dilakukan oleh Belanda untuk semua level anggota masyarakat pribumi – sejak dari rakyat berderai sampai golongan menak dan raja-raja – yang tujuannya untuk memberi efek psikologis yang berat (rasa kehilangan dan rindu kepada kampung halaman dan anggota keluarga/handai taulan) dan memutus pengaruh politik dari orang-orang yang dianggap membahayakan Pemerintah.

Suryadi – Leiden University, Belanda | Padang Ekspres, Minggu, 28 Agustus 2016


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: