Posted by: niadilova | 01/08/2016

PPM #70 – Wabah Ketumbuhan menyerang Sumatera Barat (1923)

Toean Controleur Taloe, memberi tahoe kepada Pemerintah, bahwa di Oedjoeng Gading dalam onderafdeeling Ajer Bangis timboel penjakit ketoemboehan (tjatjar). Demikian poela penjakit itoe timboel di Kota Gedang dan Matoer. Di Manindjau ada 40 orang jang mati karena penjakit itoe.

***

Laporan majalah Pandji Poestaka, No. 39, Tahoen I, 27 Desember 1923, hlm. 7 [Kroniek]) tentang wabah penyakit cacar yang berjangkit di beberapa daerah di Sumatera Barat. Disebutkan bahwa daerah-daerah yang kena wabah cacar itu adalah Ujung Gading (dalam Onderafdeeling Air Bangis), Koto Gadang, Matur, dan Maninjau. Di Maninjau sebanyak 40 orang meninggal karena penyakit itu.

Penyakit cacar yang disebut katumbuhan dalam Bahasa Minangkabau, merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat ditakuti pada Zaman Kolonial. Saking menakutkannya, penyakit ini sering dianggap sebagai kutukan Tuhan kepada seseorang. Begitu mematikannya penyakit itu, sampai-sampai orang Minang di zaman lampau sering mengumpat kepada seseorang dengan menyebut penyakit ini: “Dek katumbuhan lah waang baa! ” (Semoga kamu dijangkiti oleh penyakit ketumbuhan!’) (dalam bahasa sekarang: ‘Semoga kamu mampus!’)

Usaha-usaha pencegahan penyakit ketumbuhan sudah dilakukan oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Penyakit ini cepat menyebar dan banyak merenggut korban jiwa. Orang-orang yang lahir di zaman perang mungkin masih sering melihat wajah-wajah orang yang bopeng-bopeng (capuak dalam Bahasa Minangkabau). Itu adalah tanda bahwa dulu orang itu terjangkit penyakit cacar yang parah yang menyebabkan kulit wajah dan kuit tubuhnya rusak.

Suryadi – Leiden University, Belanda | Padang Ekspres, Minggu, 31 Juli 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: