Posted by: niadilova | 03/05/2016

Kilas Balik: Tidak bidjaksana…. [Reaksi Masyumi cabang Jawa Barat terhadap pidato radio Jawatan Penerangan R.I. Provinsi Jawa Barat, 16 Februari 1953]

Kilas Balik - Tidak bidjaksana....D.P.W. “Masyumi” Jawa Barat

Jl. Pungkur no. 73 – telp. S. 872

BANDUNG

—————

No. 119/SLO/A-VII/53

Lamp: 1 teks pidato radio

Hal: Pidato Radio Jawatan Penerangan Provinsi Jawa Barat

Bandung, 20 Februari 1953

Kepada yth.:

Saudara OSA MALIKI

Kepala Jawatan Penerangan Republik Indonesia

Provinsi Jawa Barat

di Bandung

MERDEKA!

Dengan hormat,

Dewan Pimpinan Wilayah “Masyumi” Jawa Barat dengan ini menyampaikan penyesalan terhadap pidato radio Jawatan Penerangan R.I. Provinsi Jawa Barat pada tanggal 16 Februari 1953 pukul 20.45 – 21.00 melalui corong Radio R.I. di Bandung.

Pidato radio itu adalah satu penyerangan terhadap satu ideologi yang dianut oleh sebagian besar penduduk Negara Republik Indonesia, dan kami anggap tidak bijaksana, karena disiarkan oleh satu badan resmi, siaran mana amat bertentangan dengan apa yang disampaikan oleh Sdr. Menteri Penerangan sendiri dengan lisan kepada wakil-wakil D.P.R.D.S. Provinsi Jawa Barat pada tanggal 16 Februari 1953 di Jakarta (di mana Saudara sendiri turut hadir), yaitu bahwa Jawatan-jawatan Penerangan R.I. akan menjalankan politik objektif dalam siaran dsb. dan tidak akan memberikan prioriteit kepada partai manapun juga.

Dengan ini kami menunut supaya pidato radio, yang amat melukai hati umat Islam itu, Saudara cabut kembali dengan menyiarkan[nya] melalui radio pula.

Besar harapan kami, Jawatan Penerangan R.I. Provinsi Jawa Barat sebagai satu badan resmi, melalukan tugasnya  dalam batas-batas ketentuan sebagaimana yang diucapkan oleh Sdr. Menteri Penerangan itu, untuk dapat mencari dan menghasilkan kerjasama yang harmonis antara Pemerintah dan rakyat, tiada lain guna kemakmuran dan kebahagiaan Negara dan Bangsa yang sama-sama kita cintai [ini].

Sekian harapan kami, kiranya menjadi perhatian Saudara.

 

Wassalam,

D.P.W. “MASYUMI” JAWA BARAT

Sekretaris,

ttd. MUH. RUSJAD NURDIN

Tembusan kepada:

  1. Presiden & Wakil Presiden R.I.
  2. Perdana Menteri R.I.
  3. Ketua Parlemen R.I.
  4. Menteri Penerangan R.I.
  5. Jaksa Agung
  6. P.P. “Masyumi”
  7. Gubernur Jawa Barat
  8. Ketua DPRD Jawa Barat
  9. Kepala Polisi Jawa Barat
  10. Cabang-cabang “Masyumi” Jawa Barat
  11. Pers dan Radio {16}

Catatan: Surat ini adalah reaksi terhadap radio Jawatan Penerangan Provinsi Jawa Barat, yang dinilai menghina dan mendiskreditkan agama/umat Islam. Osa Maliki, Kepala Jawatan Penerangan Provinsi Jawa Barat pada waktu itu, adalah orang PNI, partai yang sedang berkuasa. Pada waktu itu PNI dan PKI mulai bekerjasama dan makin berhubungan mesra. Mereka menyerang konsep “Negara Islam” yang digagas oleh Masyumi dengan memburuk-burukkan umat Islam dan partai Masyumi di mana-mana. Dokumen ini menunjukkan bagaimana media Pemerintah dikooptasi atau ditunggangi oleh penguasa/partai politik yang berkuasa, fenomena yang terus terjadi di negeri ini sampai sekarang.

* Sumber: Aliran Islam. Suara Kaum Progresif Berhaluan Radikal No. 46, TAHUN KE VII, MARET 1953: 16. Ejaan disesuaikan. Angka dalam tanda “{ }” merujuk pada halaman asli majalahnya. Kata-kata dalam tanda “[ ]” merupakan tambahan dari penyalin. Ilustrasi juga ditambahkan oleh penyalin (direpro dari: www.kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id).

Penyalin: Dr. Suryadi, MA., Leiden University, Belanda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: