Posted by: niadilova | 04/04/2016

PPM #57 – Perhimpunan Komunis: ‘Sarikat Djin’ di Koto Tangah (1926)

Dikotatengah (Soematera Barat) terdapat soeatoe perhimpoenan kominis jang dinamaï Sarikat Djin. Jang mendjadi anggota perhimpoenan terseboet ialah pendjahat2 jang telah dibébaskan  dari dalam pendjara dan beberapa kaoem  kominis. Oléh karena perhimpoenan menchawatirkan pada kemananan ‘oemoem maka beberapa orang anggotanja ditangkapnja oléh polisi. Ternjata diantara meréka itoe ada jang mempoenjaï sendjata api lengkap dengan patronnja. Djoemlah péstol jang ditangkapnja ada 4 boeah dan masih baroe semoea. Menoeroet keterangan  meréka maka sendjata api itoe diperoléhnja dari Djambi. Oléh karena tiada perhoeboengan perniagaan partikelir antara Djambi dan Singapoera, roepanja sendjata api tadi datangnjapoen dari Singapoera djoea (J. B.).

***

Laporan majalah Pandji Poestaka, No.43, Tahoen IV, 1 Juni 1926, hlm. 992-993 [Kroniek]) tentang munculnya suatu komplotan rahasia yang dipimpin oleh orang-orang komunis yang bermana Serikat Djin di daerah Koto Tangah.

Polisi telah mengidentifikasi bahwa selain orang-orang komunis, anggota-anggota komplotan ini juga bekas residivis yang sudah keluar dari penjara. Laporan-laporan media semasa menyebutkan bahwa para anggota Serikat Djin sering melakukan teror dan pemerasan kepada penduduk desa.

Komplotan Serikat Djin sangat ditakuti karena melakukan pemerasan yang kadang-kadang disertai dengan pembunuhan. Laporan di atas menyebutkan bahwa anggota gangster ini ternyata juga memiliki senjata api yang tampaknya diselundupkan dari luar Sumatera Barat.

Suryadi – Leiden University, Belanda | Padang Ekspres, Minggu, 3 April 2016


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: