Posted by: niadilova | 25/03/2016

Legenda sepakbola Belanda Johan Cruijff tutup usia: Kamis, 24 Maret 2016 di Barcelona

Legenda sepakbola Belanda Johan Cruijff

Terbetik berita bahwa siang tadi legenda sepakbola Belanda dan dunia, Johan Cruijff, meninggal dunia. Sejak beberapa tahun belakangan Cruijff dikabarkan menderita sakit (lung cancer).

Johan Cruijff meninggal di Barcelona pada hari Kamis, 25 Maret 2016, sekitar jam 12:00 waktu Spanyol. Sudah agak lama terdengar kabar bahwa Johan lebih banyak menghabiskan waktunya di Barcelona daripada di Belanda, negaranya sendiri. Mungkin salah satu alasannya karena di kota Spanyol yang terletak di tepi Laut Tengah itu cuaca lebih hangat ketimbang di Belanda yang hampir sepanjang tahun selalu disiram oleh angin dingin Laut Utara. Bagi Cruijff, cuaca kawasan Mediterania yang lebih hangat tentu baik untuk pemulihan kesehatannya. Akan tetapi rupanya usia Cruijff telah sampai pada ujungnya: dalam umur usia 68 tahun akhirnya ia meninggalkan para pencinta sepakbola dunia untuk selamanya.

Sepanjang malam ini, dan tentu akan berlanjut besok dan lusa, media Eropa (dan mungkin juga dunia) berfokus memperbicangkan legenda sepakbola dunia/Belanda itu. Sampai berita ini ditulis, beberapa stasiun televisi Eropa masih menyiarkan perbincangan para pengamat sepakbola dan berita tentang Johan Cruijff (lihat foto-foto ilustrasi).

Legenda sepakbola Belanda Johan Cruijff-01

Legenda sepakbola Belanda Johan Cruijff-02

Legenda sepakbola Belanda Johan Cruijff-03

Hendrik Johannes Cruijff, demikian nama lengkapnya, lahir di Amsterdam pada 24 Maret 1947. Kariernya di dunia persepakbolaan profesional dimulai dengan memperkuat kesebelasan Ajax tahun 1957. Dia berada di klub papan atas Belanda itu sampai 1963. Kemudian ia hijrah ke Barcelona (1973-1978). Kemudian Cruijff pensiun sebagai pemain sepakbola profesional.

Selama karier profesionalnya, Cruijff telah mencetak 290 gol. Selanjutnya ia menjadi pelatih atau manager di beberapa klub: Los Angeles Aztecs (1979-1980), Washington Diplomats (1980-1981), Levante (1981), Ajax (1981-1983), dan Feyenoord (1983-1984).

Cruijff adalah eksponen terkemuka filosofi bermain bola “Total Fotball” yang diperkenalkan oleh pelatih legendaries Belanda, Rinus Michell. Selama menjalani karier profesionalnya di dunia persepakbolaan, Cruijff telah berhasil menghantarkan klub-klub tempatnya bermain dan menjadi pelatih/manajer mencapai papan atas dalam kancah persepakbolaan Eropa dan dunia, dan tak jarang pula menjadi juara (kampioen). Berbagai penghargaan telah diterimanya, seperti Ballon d’Or (1971, 1973, 1974) dan Golden Ball (1974).

Lebih jauh tentang Cruijff, lihat: https://en.wikipedia.org/wiki/Johan_Cruyff (bahasa Inggris; diakses 25-03-2016) dan https://nl.wikipedia.org/wiki/Johan_Cruijff (bahasa Belanda; diakses 25-03-2016).

Johan Cruijff menikah dengan Danny Coster Johan (1968-2016). Mereka dikaruniai tiga orang anak: Jordy Cruijff, Chantal Cruijff, dan Susila Cruijff.

Demikianlah berita singkat tentang seorang lagi legenda sepakbola dunia yang baru saja meninggalkan para penggemarnya untuk selamanya. Selamat jalan Johan Cruijff. Namamu yang melegenda-dunia akan selalu dikenang oleh para pencinta dan penggila si kulit bundar.

Leiden, Kamis, 25 Maret 2016, pukul 2:16 dinihari


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: