Posted by: niadilova | 25/01/2016

Minang Saisuak #250 – Darwis gelar Dt. Madjolelo: Demang Maninjau

xsaxXZ

Rubrik ‘Minang saisuak’ kali ini menurunkan satu foto klasik yang mengabadikan Demang Maninjau, Darwis gelar Dt. Madjolelo dan keluarganya. Konteks foto ini adalah ketika beliau berada di Tanjung Priok, Batavia, sekembalinya dari lawatan di Belanda pada bulan Agustus 1928. Beliau disambut oleh istri-istri dan handai tolannya. Beliau berada dalam satu turne yang sama ke Belanda dengan Regen Bandung, R.A.A. Wiranata Koesoema.

Dalam foto ini kelihatan Darwis yang berjas putih dan memakai dasi. Satu foto closeup beliau juga dimuat dalam Volks Almanak Melayu yang mungkin nanti bisa kami turunkan di lain kesempatan.

Darwis adalah salah seorang demang yang terkemuka di zamannnya. Pendidikannya cukup baik dan pergaulannya cukup luas. Ia diterima baik di kalangan the ruling class orang Eropa.

Setelah berhasil memadamkan kerusuhan komunis di Sumatera Barat pada tahun 1927, Pemerintah Pusat membentuk satu tim komisi yang akan menyelidiki penyeban terjadinya pemberontakan itu. Darwis diangkat menjadi salah seorang anggota komisi itu: beliaulah satu-satunya anggota komisi itu dari pihak pribumi. Mayoritas anggota komisi itu didominasi oleh orang Belanda. Majalah  Pandji Poestaka No. 14, Tahoen V, 18 Februari 1927, hlm. 213 (Kroniek) melaporkan tentang pembentukan komisi tersebut (lihat juga: ‘Paco-paco Minangkabau’, Padang Ekspres, Minggu, 20-12-2015):  

 KOMISI SOEMATERA BARAT. Dalam koempoelan bestir jang baroe-baroe ini diadakan di Fort de Kock, T[uan] B[esar] Goebernoer Djenderal berdjandji akan mengadakan satoe komisi oentoek menjelidiki hal-ihwal peroesoehan jang terdjadi didaerah terseboet baroe-baroe ini.

 Menoeroet oedjar Java Bode tanggal 15 Febr. j.l. dari Bogor telah ada kabar opisil jang mewartakan, bahwa komisi terseboet terdiri dari t.t. A.J. Homerster (sic; Hamerster), onderhoofd afd Bestuurzaken oentoek tanah Seberang; Prof. Dr. B.J.O. Schrieke, Goeroe Besar Sekolah Hakim Tinggi di Betawi; W. Groeneveld, Ass-Resident jang dibantoekan pada Resident di Soematera Barat; Mr. H. Fievez de Melines van Ginkel, Controleur kl. 1, jang dibantoekan pada Directeur Financiën; E. H. van der Plas, Controleur B.B. kl. 1, dan t. Darwis gelar Datoek Madjo Lelo, Demang Manindjau. Dengan pimpinan serta sepakat dengan t. Resident Soematera Barat, komisi itoe diserahi pekerdjaan oentoek menjelidiki sebab-sebab jang menimboelkan peroesoehan disana dan hal-ihwal lainnja poela jang menimboelkan koerang senang hati pendoedoek Bp. [bumiputera] didaérah terseboet. Kemoedian komisi itoe haroes meraportkan [melaporkan] pendapatan penjelidikan pada t. Resident bersama-sama. Akan tetapi masing-masing anggota komisi, kalau perloe boléh menjatakan pendapatannja masing-masing, jaïtoe djikalau pendapatan jang seorang tidak sepakat dengan jang lain.”

Selanjutnya,  Pandji Poestaka, No.66, Tahoen VI, 17 Augustus 1928, hlm. 1144 (Kroniek) melaporkan :

“Commissie Soem. Barat.  Pada anggota commissie tsb. – jaïtoe commissie jang menjelidiki tentang sebab-sebabnja maka didaérah Soem. Barat timboel perasaan jang koerang aman antara pendodoek, djoega sebab-sebab lain dari pada timboelnja peroesoehan kominis itoe –Pemerintah menjatakan terima kasihnja atas djasa commissie jang telah melakoekan penjelidikan dengan sempoerna, jaïtoe pada t.t. A.J. Hamerster, kepala afd. Bestuurzaken bagian tanah Seberang dari Dep. B.B., Prof. Dr. B.J.O. Schrieke, Goeroe Besar pada sekolah Hakim Tinggi di Weltevreden, W. Groeneveldt, Ass. Resident di Agam (Soem. Barat), Mr. H. Fievez de Malines van Ginkel, Ass. Resident terb. Pada Directeur Financiën, C.L. van der Plas, Ass. Res.L.Kota, Res. Soematera Barat, Darwis gel. Dt. Madjolelo, Demang Manindjau.”

Demikianlah sedikit informasi mengenai kiprah Demang Maninjau Darwis gelar Dt. Madjolelo. Informasi yang lebih detil tentang riwayat hidup beliau masih terus kami himpun. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para sejarawan.

Suryadi – Leiden, Belanda | Singgalang, Minggu, 24 Januari 2016 (Sumber foto: Pandji Poestaka, No. 68, Thn VI, 24 Augustus 1928, hlm.1167).

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: