Posted by: niadilova | 01/06/2015

PPM #14 – Tahanan Komunis di Jawa dipindahkan ke Penjara Padang

Pengiriman orang-orang kominis ke Padang. Correspondent Bat. Nbld. [Bataviaasch[e] Nieuwsblad]  di Cheribon mewartakan bahwa pada hari Senin tg. 28 Juli jl. telah sampai disana 79 orang kominis dari pendjara Sragen (Solo) jang dikirim teroes ke Betawi dan kemoedian dari Betawi akan dikirim teroes kependjara bagi orang-orang kominis di Padang.”

***

Laporan majalah Pandji Poestaka, No. 62, Tahoen VIII, 5 Augustus 1930, hlm. 995 (rubrik Kroniek) tentang pengiriman sebanyak 79 orang tahanan komunis dari penjara Sragen di Jawa Tengah ke penjara Padang. Tampaknya mereka sampai di Padang pada bulan Agustus 1930. Laporan ini menunjukkan bahwa penjara Padang pernah dihuni tidak saja oleh orang-orang komunis dari Sumatera Barat sendiri, tapi juga oleh para transferan dari penjara-penjara di Pulau Jawa.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa pada zaman kolonial, para tahanan ditempatkan secara acak di berbagai penjara di Hindia Belanda. Sumatera Barat termasuk salah satu target penempatan, tidak saja untuk ditahan di penjara, tapi juga untuk dipekerjakan secara paksa di tambang batubara Ombilin di Sawahlunto, yang terkenal dengan istilah urang rantai (orang rantai). Lebih jauh mengenai aspek sosio-historis penjara-penjara di Sumatera Barat, lihat buku Deddy Arsya [forthcoming] tentang sejrah penjara di Sumatera Barat.

Suryadi – Leiden University, Belanda | Padang Ekspres, Minggu, 31 Mei 2015


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: