Posted by: niadilova | 18/05/2015

PPM #12 – Abdoel Moeis ditangkap di Padang

Abdoel Moeis ditahan di Padang. Sepandjang kabar ia akan diinterneer. Pertanjaan-pertanjaan jang mesti didjawabnja, teroetama berhoeboengan dengan Nationaal Indisch Congres jang diadakan oléh Centrale Sarekat Islam di Bandoeng pada tahoen 1916, perkara Toli-toli dan tentang openbare vergadering jang diadakannja di Padang dalam boelan April j.b.l. [1923]. Dalam vergadering itoe ia soedah membitjarakan tentang padjak tanah.”

***

Laporan majalah Pandji Poestaka , No. 44, Tahoen I, 1 November 1923, hlm.12 (rubrik Kroniek) tentang penahanan Abdul Muis, salah seorang putra Minangkabau yang menjadi tokoh penting organisasi Sarekat Islam dan  pengarang roman Salah Asuhan, ketika ia berkunjung ke Padang dari Jawa pada bulan Oktober 1923.Abdoel Moeis adalah salah seorang anggota kaum pergerakan yang cukup kritis dengan kebijakan-kebijakan politik Pemerintah Kolonial Belanda. Kita mendapat kesan bahwa penangkapannya oleh Polisi Kolonial, seperti diberitakan di atas, antara lain karena di mengkritisi pajak tanah yang dinilainya begitu membebani penduduk pribumi.

Dalam beberapa laporan lain yang sezaman dapat dikesan bahwa Abdul Muis tidak begitu diterima di Sumatera Barat, kampung halamannya sendiri. Ini mengingatkan kita pada fenomena hubungan (pe)rantau Minang dan kampung halamannya. Rupanya sudah sejak awal abad ke-20 sudah terjadi penolakan orang kampung terhadap intelektual perantau (mungkin tidak semuanya), yang merefleksikan omongan publik yang sering kita dengar sampai sekarang bahwa walaupun dia pintar di rantau, orang kampung belum tentu membutuhkan para perantau itu.

Suryadi – Leiden University, Belanda | Padang Ekspres, Minggu, 17 Mei 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: