Posted by: niadilova | 03/09/2012

Minang Saisuak #101 – Sebuah Mesjid di Palembayan

8f259f5589aad840a3c6ee4f9822c83d_minang-saisuak-sebuah-mesjid-di-palembayan

Nagari Palembayan di Kabupaten Agam adalah sebuah nagari yang sering juga disebut-sebut dalam catatan-catatan klasik orang Belanda tentang Minangkabau. Nagari ini, sebagaimana nagari-nagari lainnya di darek, ikut juga merasakah daguahdagah revolusi yang dibawa Kaum Paderi pada paroh pertama abad ke-19. Islamisasi pedalaman Minangkabau dan gerakan puritanisme agama yang dibawak Kaum Paderi terdengar nyaring di Palembayan.

Foto klasi yang kami turunkan dalam rubrik ‘Minang Saisuak’ kali ini mengabadikan sebuah rumah ibadah di Palembayan. Foto ini (20,2×26,5 cm.) dibuat oleh mar kodak Christian Benjamin Nieuwenhuis sekitar 1892-1905. “Moskee in kampong Taboe, Palembajan” (Mesjid di kampung Tabu, Palembayan), demikian judul foto ini tertera dalam katalog Tropenmuseum Amsterdam, tempat foto ini disimpan. Pembaca setiap rubrik ‘Minang Saisuak’ yang berasal dari Palembayan tentu dapat menduka-duga di mana posisi mesjid ini dulunya. Yang jelas di salah satu sisinya mengalir sungai kecil yang mengalirkan air rimba dingin yang mungkin sangat sejuk dan menyegarkan. Kelihatan juga sebuah jembatan kecil yang menghubungkan kedua sisi sungai kecil itu.

Arstitektur mesjid ini yang bergaya Bodi Caniago dengan konstruksi atap berupa tungkuih nasibersusun. Ini menandakan bahwa orang Palembayan mungkin menganut kelarasan Bodi Caniago. Saya tidak tahu apakah bekas-bekas bangunan mesjid ini masih ada di Palembayan. Jika masih ada, tentu elok kalau direnovasi dan dipelihara. Mudah-mudahan sungai kecil yang mengalir di sebelahnya masih tetap mengalirkan air rimba yang sejuk dan segar.

Suryadi – Leiden, Belanda. (Sumber foto: Tropenmuseum, Amsterdam). | Singgalang, Minggu, 2 September 2012


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: